Rabu, 28 Mei 2014

Excel Lambat ??? (Series 2)

Melanjutkan dari artikel sebelumnya Excel Lambat ??? (Series 2), akan saya tambahkan mengapa kelemotan excel bisa terjadi.

Selanjutnya adalah Kesalahan Design, design excel yang baik adalah berurutan penempatan data dan perhitungan, urutan yang baik adalah dari Kiri Atas ke Kanan Bawah.
Mengapa demikian ? karena excel menggunakan metode forward reference yang cara perhitungannya adalah dari kiri atas ke kanan bawah, jika excel anda kecil, hal ini tidak akan terlalu terlihat, jika excel anda besar, maka hal sepele ini akan menyumbangkan kelemotan.

Next , Hapus baris dan kolom yang tidak digunakan di posisi baris paling akhir dari data anda kebawah, atau kolom paling akhir dari data anda ke kanan.
Karena terkadang setelah kita menggunakan baris atau kolom yang kita lakukan adalah delete datanya saja, sehingga excel masih akan mencatat baris dan kolom tersebut digunakan.

Berikutnya adalah formula IF, terkadang kita tidak ingin menampilkan hasil dari formula kita dalam bentuk #N/A, #VALUE, dll, sehingga kita menggunakan fungsi IF untuk menghindari hal itu.
Nah formula yang biasa dituliskan adalah sbb :
=IF(iserror(expression), true_result, false_result)
Nah untuk menggantikan cara ini anda bisa menggunakan IFERROR
=IFERROR(expression, result)
(Kembali lagi, harus dilihat apakah memungkinkan untuk mengganti kan IF dengan IFERROR ini)

-. Jika memungkinkan ganti formula sumproduct dengan sumifs dan countifs
-. Untuk calculation range tertentu gunakan trik ini , block cell tertentu kemudian tekan CTRL + H find "=" kemudian replace "="

Nah apalagi ya yang lain ?